Cara Mengajar Anak Membaca dan Menulis

Mengajari anak-anak membaca dan menulis akan cukup sulit jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Apalagi anak-anak cenderung lebih senang bermain-main saat sedang diajarkan sesuatu, termasuk membaca dan menulis. Saat masuk sekolah anak-anak diharuskan belajar membaca dan menulis, tetapi sebagai orang tua anda tetap harus mengajarkannya kembali di rumah jangan hanya mengandalkan tugas guru saja.

Mengajar Anak Membaca dan Menulis
Mengajar Anak Membaca dan Menulis

Jika anak anda sudah bisa membaca dan menulis maka mereka bisa membaca sendiri cerita anak yang bisa diambil dari buku cerita. Saat berada di rumah anda bisa mengajarkan kembali cara membaca dan menulis yang sudah diajarkan oleh guru di sekolah agar materi yang disampaikan oleh guru dapat terserap dengan baik.

Cara Mengajar Anak Membaca dan Menulis dengan Cara yang Menyenangkan

1. Membaca sambil bernyanyi

Karena biasanya anak-anak suka bernyanyi dan suka akan musik, maka cobalah mengajarkan mereka membaca dengan cara bernyanyi. Anda bisa menyanyikan huruf-huruf A sampai Z agar huruf tersebut lebih mudah diingat oleh anak-anak. Cara ini biasanya cukup efektif karena caranya cukup mudah.

2. Membaca dengan bantuan alat elektronik

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka anda bisa mendownload video yang mengajarkan cara membaca yang dilengkapi dengan musik dan gambar yang menarik. Cara ini juga akan membuat mereka tertarik sehingga belajar membaca tidak akan menjadi kegiatan yang membosankan.

3. Menggunakan karpet huruf

Banyak media yang dapat anda gunakan untuk mengajari anak-anak membaca, salah satunya adalah karpet huruf yang banyak dijual di pasaran. Pilihlah jenis karpet yang ada huruf dan angkanya, sehingga saat mereka menggunakan karpet tersebut untuk duduk mereka juga bisa sekalian belajar apalagi warna dan gambar yang terdapat pada karpet menarik bagi anak-anak.

4. Menggunakan flash card

Flash card kini sudah banyak digunakan oleh anak-anak yang sedang belajar membaca dan menulis. Namun flash card tersebut tidak hanya berisi angka dan huruf saja karena ada yang berupa gambar hewan, buah-buahan, orang, dan lain-lain. Atau anda bisa membuat flash card sendiri yang sekiranya menarik minat anak-anak anda.

5. Pahami mood anak saat sedang belajar

Jangan lupa bahwa mood anak-anak tidak setiap saat baik, hindari mengajari mereka pada saat anak-anak sedang dalam keadaan mengantuk, lapar, atau tidak enak badan.

6. Membaca sambil bercerita

Anda bisa membacakan cerita atau dongeng dari buku cerita yang ada gambarnya sehingga anak-anak akan terbiasa melafalkan apa yang tertulis di dalam buku. Mereka juga akan ikut merasakan karakter yang terdapat di buku cerita.

7. Jangan terlalu lama belajar

Banyak yang harus diperhatikan saat mengajari anak membaca dan menulis, salah satunya adalah waktu belajar yang harus disesuaikan. Kira-kira 15-20 menit setiap hari cukup untuk mengajari mereka membaca dan menulis tanpa rasa bosan.

Tinggalkan Balasan